Apa Itu Idpel PLN ? ID Pelanggan PLN

Sobat Dunia Listrik, kali ini saya akan membahas mengenai Apa itu Idpel PLN atau  juga yang disebut ID Pelanggan PLN (Pembangkit Listrik Negara). Saya juga akan membahas secara gamblang mengenai cara mengetahui cek Ipdel PLN online maupun offline. Perlu diketahui bahwa Ipdel PLN sangatlah penting untuk diketahui dan dipelajari, hal ini karena kegunaannya dalam pembayaran token listrik dirumah sobat.

Apa Itu Idpel PLN
Sumber CNBC/IST

Nomor Meter/IDPEL atau ID Pelanggan PLN biasanya ditanyakan ketika sobat hendak membeli pulsa token listrik atau membayar tagihan PLN. Sobat kudu paham bahwa Idpel PLN adalah salah satu syarat utama sebelum anda membeli atau membayar tagihan listrik atau PLN sobat. Kenapa menggunakan IDPEL atau ID Pelanggan PLN, hal ini agar pengisian token sesuai dengan sasaran meteran sobat.

Terkait degan salah sasaran atau salah isi karena salah mengisi IDPEL atau ID Pelanggan PLN, maka meteran sobat tidaklah terisi. Bisa jadi akan gagal atau terisi di meteran lainnya. Oleh sebab itu cara melihat Idpel PLN sangat penting untuk diketahui. Namun, sebelum jauh mengetahui caranya sobat perlu ketahui apa itu ipdel PNL / ID Pelanggan PLN / No Moter/IDPEL adalah nomor unik pelanggan listrik PLN, ini berupa susunan 11 atau 12 digit angka yang juga dapat digunakan sebagai tujuan pembelian / pembayaran listrik. Pembelian pulsa listrik PLN dapat dilakukan dengan berbagai cara.

Cek Nomor Pelanggan PLN
Ada empat cara mudah untuk melihat / cek Idpel PLN. Yang paling simpel adalah melihat idpel PLN. Letaknya pada bagian bawah kode batang (barcode) atau di bagain bawahnya, tergantung dari merk meteran listrik yang digunakan. Akan ada jajaran 11-12 angka disana. Sobat bisa mencatatnya atau memfoto di ponsel sebagai pengingat.

Sobat juga bisa melihat di struk pembayaran. Struk bisa didapat saat setelah membayar. Artinya di struk yang disimpan kemarin terdapat Idpel PLN. Struk ini juga bisa didapat di Loket PLN terdekat loh.

Apa Itu Idpel PLN
Sumber Ist 

Ketiga yakni cara cek Idpel PLN online atau lewat hp, jika sobat menggunakan e-commerce seperti Tokopedia, Bukalapak dll juga bisa melihatnya. Biasannya tertera di email atau pemberitahuan. Di riwayat juga akan muncul. Cara keempat yakni struk ATM (Anjungan tunai mandiri). Pada struk tersebut tertera nomor Idpel PLN.

Sobat perlu ketahui bahwa nomor Ipdel PLN penting. Ibarat nomor handphone ketika sobat hendak mengisi pulsa atau data. Nomor tersebut adalah yang terdata di PLN sehingga sobat bisa mengisi ulang dan digunakan pihak PLN sebagai ID sobat. Simpan di ponsel, note atau di bagian anda manaruh catatan penting supaya tidak lupa.

Untuk info lebih lanjut, sobat bisa menghubungi pihak PLN berikut ini:
Call center PLN: 123
Website: pln. co. id
Surat Elektronik: pln123 @pln. co. id

Related Posts:

0 Response to "Apa Itu Idpel PLN ? ID Pelanggan PLN"

Posting Komentar